Jumat, 12 Juni 2009

PP Muhammadiyah Sodorkan 9 Kriteria Capres

Yogyakarta, Kompas - Di depan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, yang juga calon presiden RI, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan sembilan kriteria bagi calon presiden dan calon wakil presiden yang layak dipilih oleh warga Muhammadiyah dan bangsa Indonesia.

Sebanyak sembilan kriteria tersebut tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah yang telah dikeluarkan sebagai panduan untuk memilih capres dan cawapres yang tepat bagi bangsa Indonesia.

Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, yang berpidato sebelum pembukaan Sidang Tanwir Ke-II ’Aisyiyah atau sayap dari perempuan Muhammadiyah di Kampus Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (12/6), kriteria pertama adalah sosok berjiwa negarawan dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

Satu kata dan perbuatan

”Berikutnya adalah sosok karakter yang kuat dengan ditunjukkan antara lain oleh satunya perbuatan dengan perkataan. Kemudian, adalah memiliki visi kebangsaan untuk menyelamatkan sumber daya alam dan kekayaan negara. Lalu, mampu bekerja keras dan bekerja nyata untuk kemajuan bangsa serta mengedepankan kemandirian ekonomi nasional dan mewujudkan kebijakan ekonomi bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” ujar Din.

Menurut Din, kriteria yang lain adalah sosok yang menjaga martabat bangsa dan kedaulatan negara dari berbagai intervensi dan kepentingan asing. ”Seterusnya adalah sosok pemimpin yang mengagendakan perubahan yang konkret,” katanya. (har)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog