Senin, 06 Juli 2009

LSI Adakan Quick Count Pilpres Pakai Dana Pribadi


Moksa Hutasoit - detikPemilu


Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) akan tetap melakukan quick count dan exit poll pada Pilpres 8 Juli. LSI pastikan dana yang mereka gunakan bukan dari pasangan capres-cawapres mana pun.

"LSI akan memakai dana Yayasan Pengembangan Demokrasi Indonesia (YPDI) yang mendirikan dan menghidupi lembaga survei ini," kata Manager Public Affairs LSI, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (7/7/2009).

LSI juga akan mengembalikan dana dari Fox Indonesia yang nantinya akan dialokasikan untuk membiayai quick count. LSI merasa perlu melakukan ini untuk memberi jaminan tentang integritas hasil survei.

Menurut Muhtadi, masih banyak sebagian masyarakat yang tidak dapat menerima konsep profesionalisme. Rakyat belum dapat menghilangkan kaitan antara sumber pendanaan dengan hasil survei.

"Masih banyak pihak yang meragukan prinsip inklusivitas dan non-partisan LSI," jelas Muhtadi.

Pada pilpres mendatang, LSI akan mengerahkan 2.500 orang ke seluruh Indonesia untuk mengumpulkan data. LSI juga akan mengerahkan tenaga spot-checker, validator, call center, ahli statistik, IT dan puluhan tenaga lainnya untuk mensukseskan penghitungan cepat.
( mok / fiq )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar